Featured Post

Hasil Rapat Takmir Persiapan Maulid 1446 H, Siapkan 1000 Kupon Doorprize

Pasuruan, PURIonline - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H yang jatuh pada 15 September 2024, Takmir Masji...

Senin, 21 September 2020

Cara Membuat Hand Sanitizer Mandiri


Pasuruan, KPonline - Saat ini wabah Covid-19 masih belum berakhir, menjaga kesehatan dan kebersihan adalah sesuatu yang harus dilakukan sebagai upaya pencegahan tersebarnya virus Corona.

Salah satunya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer sehingga mudah dibawa kemana-mana, tetapi jika terus menerus membeli produk tersebut tentu akan menguras kantong, solusinya masyarakat dapat membuat hand sanitizer secara mandiri untuk menghemat pengeluaran.

Atas dasar itulah KKN-Tangguh kelompok 08 Mahasiswa Fakultas Tehnik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Ary Wicaksono mengedukasi masyarakat tentang cara membuat hand sanitizer mandiri.

Bertempat di Jl. Layur RT 04 RW 01 Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (19/9/2020).

Bagaimana cara dan proses pembuatannya?

Bahan : Alkohol, Air, Olievera/lidah buaya, Pewangi/Pengharum.

Cara : Campur Alkohol dengan air dan pewangi, alkohol sebanyak 60% dan air 40% ditambah 5 tetes pewangi, terus kocok sampai larut tercampur.
Campur Alkohol dengan olievera dengan takaran 2:1 ditambah pewangi 5 tetes terus kocok sampai larut tercampur.

Setelah itu hand sanitizer bisa dipergunakan, dan lebih efektif lagi masukan kedalam botol spray kecil agar mudah dibawa kemana saja.

Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat khususnya kelurahan Gempeng bisa paham cara membuat hand sanitizer mandiri, yang lebih murah, praktis dan kualitas tidak kalah dengan produk yg dijual di toko.

Waallohu A'lam Bishowab.

Tidak ada komentar: