Featured Post

Hasil Rapat Takmir Persiapan Maulid 1446 H, Siapkan 1000 Kupon Doorprize

Pasuruan, PURIonline - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H yang jatuh pada 15 September 2024, Takmir Masji...

Selasa, 04 Agustus 2020

Sejarah Gang Kurma RT 10 (Edisi Revisi)

(Gang Kurma RT 10 RW XI)


Pasuruan, PURIonline - Perumahan Puri Kraton Regency yang mempunyai tempat strategis ini didalamnya memiliki beberapa Gang, dan setiap Gang mempunyai nama serta cerita yang unik.

Diantaranya ada Gang Kurma, Gang Kapak, Gang Telo Lema, Gang Imut, Gang Cendana, dan masih banyak lagi.

Nama Gang tersebut tidak hanya asal mengarang begitu saja, tetapi memiliki historis yang mungkin cuma sebagian orang saja yang mengetahuinya.

Maka pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas mengenai sejarah Gang Kurma yang ada di RT 10 RW XI.

Mungkin ada yang menyangka dinamakan Gang kurma karena disitu terdapat pohon kurma, padahal ya tidak ada.

Atau ada yang mengira di Gang tersebut banyak orang keturunan Arab, karena kurma kan berasal dari Arab, ini juga pendapat yang salah.

Sebelum menjadi Gang kurma awalnya bernama Gang Semedi ceritanya waktu itu setiap satu bulan sekali mengadakan rapat RT dan dilanjutkan kerja bakti lingkungan.

Untuk pesertanya semua warga Perumahan, nah dari Gang tersebut setiap rapat yang hadir hanya satu atau dua orang saja.

Bahkan puncaknya ketika kerja bakti lingkungan di Gang tersebut yang hadir hanya beberapa orang saja, padahal penghuninya sekitar dua puluh orang lebih, dan orangnya pun terlihat ada di dalam rumah seperti sedang semedi.

Setelah dibentuknya RT 10 waktu itu Ketuanya Bapak Abdul Aziz sepakat warga Gang Semedi untuk bangkit dan aktif di lingkungan Perumahan, maka diubahlah menjadi Gang Kurma atau "bersyuKUR dan meneriMA".

Walaupun dengan jumlah warga yang paling sedikit tetapi tetap bersyukur dan menerima dengan tetap bersemangat. Hingga akhirnya sampai sekarang muncul beberapa tokoh yang aktif dan peduli terhadap lingkungan perumahan.

Jadi begitulah asal usul sejarah dari Gang Kurma yang awalnya bernama Gang Semedi. Tetap kompak, rukun, guyub, dan sedulur saklawase.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

maaf mas faisal, ada warga RT 10 yg protes katanya bukan itu kepanjangan dr Kurma..tapi "bersyuKUR & meneriMA..
itu ide muncul pertama kali dari pak Aziz

Dede Faisal RA mengatakan...

Siap, Terima kasih Masukannya Pak Tohir,,