Featured Post

Hasil Rapat Takmir Persiapan Maulid 1446 H, Siapkan 1000 Kupon Doorprize

Pasuruan, PURIonline - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H yang jatuh pada 15 September 2024, Takmir Masji...

Sabtu, 03 Oktober 2020

Jama'ah Sholat Tasbih dan Pengajian Malam Jum'at Legi, Mitos-mitos Bulan Safar


Pasuruan, PURIonline - Jama'ah sholat Tasbih dan pengajian rutin Jum'at legi kembali digelar oleh Takmir Masjid Nur Ukhuwah Perumahan Kraton Harmoni Desa Bendungan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa timur, Kamis (1/10/2020) malam.

Pada kesempatan kali ini diisi oleh Ustadz Syahrandi M.Pdi.
Suatu nikmat yang diberikan oleh Alloh SWT, barang siapa yang menghadiri suatu Majelis maka pahalanya sama dengan ibadah haji.

Perbanyaklah membaca sholawat agar nama kita tidak asing di Yaumul Qiyamah karena ketika kita bersholawat malaikat juga ikut bersholawat.


Sekarang ini kita sudah memasuki bulan Safar, bulan kedua dalam penanggalan Hijriyah setelah Muharram. orang-orang arab dahulu pada bulan ini rumahnya mereka pada kosong, karena pada bulan tersebut biasanya mereka untuk berdagang (berpergian jauh) atau berperang.

Tetapi menurut orang Arab Jahiliyyah, bulan safar itu identik dengan kesialan dan inilah beberapa mitos-mitosnya :

1. Bulan safar adalah bulan penyakit.

2. Ada burung lewat disebelah kiri, maka akan rugi jika bekerja atau berdagang.

3. Kalau ada burung hantu di rumah seseorang, maka akan sial.

4. Bulan nahas.

Tetapi setelah datangnya agama Islam, semua pemikiran yang keliru langsung dibantah oleh Nabi Muhammad Saw. tidak ada penyakit yang menular kecuali atas kehendak Alloh SWT. Begitu juga tidak ada hari nahas dalam Islam. Perbuatan tersebut dilarang dalam agama Islam.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Sahabat Abu Hurairah,
"Tidak ada penularan penyakit (dengan sendirinya), tidak ada thiyarah, tidak ada kesialan karena burung hantu, tidak ada kesialan pada bulan Shafar" (HR. Al-Bukhari)

Sebagai penutup, mari kita sama-sama berdo'a semoga Alloh SWT menyelamatkan kita dari penyakit Covid-19 dan dijauhkan dari hari nahas serta kesialan.

Waallohu A'lam Bishowab.


Tidak ada komentar: