Halaman

Kamis, 27 Agustus 2020

Sejarah Blok "M" RT 09 Part 1 (Edisi Revisi)

(Foto WAG, salah satu bukti Blok M awalnya bernama Gang Mushola)


Pasuruan, PURIonline - Dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak lepas dari yang namanya sejarah. Baik kita sebagai pelaku sejarah ataupun orang lain.

Sejarah ditulis untuk dikenang, dipelajari, diambil hikmahnya, dan dijadikan contoh untuk kehidupan yang akan datang.
 
Dalam kesempatan kali ini, mari kita coba mengupas sejarah Blok M yang ada di RT 09. Mudah-mudahan bisa diambil manfaatnya minimal menambah pengetahuan kita sebagai warga Perumahan.

Asal usul nama Blok M tidak datang begitu saja, karena dulu warga Perumahan Puri Kraton Regency lebih populer menyebut nama Gang bukan Blok, contohnya Gang Kapak, Gang Cendana, Gang Telok Lema dan lain-lain.

    (Pembangunan taman tahap pertama)


Sebelum Blok M nama awal yang digunakan adalah Gang sengketa, karena pada waktu itu sempat ramai khususnya blok A13 tanahnya masih sengketa atau gegeran dengan warga kampung, bahkan tiap rumah didatangi oleh orang yang mengaku ahli waris bahwasanya tanah ini masih miliknya sekitar periode 2015-2016.

Selanjutnya tepatnya pada tanggal 9 Januari 2017 dibentuklah WA grup keluarga besar Gang Musholla karena sejarahnya pada waktu itu taman yang masih barongan belum dimanfaatkan seperti sekarang dan rencannya warga ingin mendirikan Musholla disitu.

Banyak dari kalangan Ibu-ibu yang paling semangat ingin membangun Musholla disini, bahkan siap mencarikan donatur agar segera didirikan. Perlu diketahui juga bahwasannya fasum tersebut jika dibangun Musholla posisinya pas menghadap kiblat.

Tetapi berjalannya waktu, pengurus RT 06 (dulu cuma satu RT) dan warga lainnya kurang mendukung karena tempatnya di pojok serta kurang strategis jika bangun Musholla di sana.

      (Pembangunan taman tahap kedua)

Waktu itu diputuskan fasum untuk pembangunan Musholla berada di depan, tepatnya di fasum depan rumah sesepuh Bapak Awaludin, dipandang mayoritas pengurus RT cocok dan strategis karena dekat pintu gerbang serta akses keluar masuk warga.

Siapakah yang memberi nama Blok M?
Apakah ada hubungannya dengan Makam?
Siapa penghuni rumah pertama disini?
Blok M didalamnya ada 3 gang, apa saja?
Akan dikupas tuntas di edisi berikutnya.

Bersambung...

Waallohu A'lam Bishowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar